Dana desa untuk warga, Kades Mattiro Matae : mulai rencana sampai LPj kita lakukan terbuka

Diposting pada 516 views

Kepala Desa Mattiro Matae, Rizal Idris

BeritaPangkep – Kepala Desa Mattiro Matae, Rizal Idris menegaskan dirinya akan memaksimalkan dana desa untuk membangun desa. Hal ini diungkapkan Rizal jelang Musrenbang Desa Mattiro Matae yang akan digelar terbuka.

Menurut Rizal, salah satu kebijakan yang akan dilakukannya adalah meminimalkan bantuan sosial maupun hibah dari APBD. Ia yakin, anggaran desa yang besar bisa menutupi bantuan hibah dan bansos yang selama ini ke desanya.

“Desa Mattiro Matae hanya satu pulau, Pulau Gondong Bali. Kalau anggaran diatas satu miliar, saya yakin cukup untuk membantu masyarakat,” kata Rizal, Kamis 5 Januari 2017.

“Kita akan bangun perpustakaan, tempat pertemuan, Bumdes, pengadaan listrik tenaga magnet untuk fasilitas umum,” lanjutnya.

Selain melakukan pengadaan bantuan sosial, ia juga bertekad memutus rantai rentenir yang selama ini menjadi penyebab kemiskinan nelayan. Rizal akan menguatkan Bumdes dengan memberikan modal besar.

Selama ini, tuturnya, nelayan Pulau Gondong Bali, bergantung modal berupa utang berbunga. Dengan program bantuan modal bergulir nantinya, pelan-pelan nelayan akan mandiri dengan modal tanpa bunga dari Bumdes.

“Saya mau Bumdes kuat, kalau bisa sampai Rp200 juta. Bisa memberikan bantuan modal ke nelayan, biar nelayan bisa menikmati hasil jerih payahnya sendiri,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, penggunaan dana desa akan dipertanggung jawabkan secara terbuka kepada warga. “LPj harus terbuka, biar warga tahu kemana uang desa. Kalau perlu ada spanduk atau baliho yang berisi kegiatan dana desa,” pungkasnya.