Insyaallah, PAD Pangkep capai target 100 persen

Diposting pada 360 views
Kepala Bidang Penagihan dan Pembukuan Dispenda Pangkep, Lukman Murtala

BeritaPangkep – Capaian target pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten pangkep tahun ini sudah mencapai 95 persen. Pendapatan ini berasal dari berbagai sumber seperti tambang marmer, ruko, tambang galian C, parkir, hiburan dan reklame.

Kepala Bidang Penagihan dan Pembukuan Dispenda Pangkep, Lukman Murtala kepada wartawan mengatakan, meski sudah hampir mencapai target pihaknya terus memaksimalkan kinerja jajarannya untuk menambah PAD. Ia juga berupaya mencegah praktek pungli yang diduga kerap terjadi dilapangan.

“Kita berusaha supaya target tercapai, langkahnya tentu mencegah kebocoran. Saya mengantisipasi kebocoran pendapatan dengan membuat edaran, memasang spanduk-spanduk disetiap pos retribusi hasilnya alhamdulillah sudah 95 persen,” kata Lukman.

Ia mengakui untuk pencapaian target PAD harus melibatkan banyak unsur terkait. “Harus sinergi dengan semua pihak termasuk SKPD-SKPD lain seperti satpol PP, kalau berharap hanya sama Dispenda itu sulit,” ujarnya.

Untuk PAD Kabupaten Pangkep, PT Semen Tonasa merupakan penyumbang PAD terbesar.  Sementara sektor tambang marmer mengalami penurunan disebabkan tutupnya sejumlah perusahaan marmer di Pangkep.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Andi Yathrib membenarkan hal itu. “Sekarang ini ada 10 atau 11 perusahaan marmer yang tutup, ini otomatis berpengaruh sama jumlah PAD kita,” ucapnnya.