Melihat bekas peradaban Tondong Tallasa masa lalu di Gua Kacicu

Diposting pada 316 views
Gua Kacicu terletak di Dusun Parang Luara, Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa.

BeritaPangkep – Nama Gua Kacicu mungkin masih belum akrab ditelinga masyarakat termasuk para pecinta aktifitas susur gua atau caver. Gua Kacicu terletak di Dusun Parang Luara, Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa.

Gua Kacicu menawarkan pemandangan ornamen yang tak kalah indah dengan gua-gua lain. Ornamen seperti stalaktit atau stalakmit dengan berbagai bentuk tersedia didalam gua ini.

Menurut salah seorang pemuda setempat, Misbah Maggading, gua ini diyakini sebagai bukti adanya peradaban masa lalu di Tondong Tallasa. Bukti peninggalan itu bisa dilihat dari sejumlah batu yang berbentuk perlengkapan manusia.

“Ada batu yang menyerupai kursi raja atau singgasana, ada juga batu bekas tungku untuk memasak,” kata Misbah.

Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang memastikan hal tersebut. 

Gua Kacicu menawarkan pemandangan ornamen yang tak kalah indah dengan gua-gua lain.

Untuk sampai ke Gua Kacicu dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan dari kota Pangkajene. Usai menelusuri gua yang punya sekira sejam, tak jauh dari mulut gua Kacicu ada sungai yang yang bisa dijadikan lokasi berehat yang nyaman.
“Kita mulai perjalanan di perbatasan Kampung Passampakang dengan Kampung manynyampa, berjalan naik ke puncak sampai ke gua,” ujar Misbah.

Saat musim kemarau panjang, petani yang sedah lelah bekerja di sawah atau kebun pergi ke mulut gua Kacicu untuk beristirahat. Angin sepoi dari dalam gua menjadi pengadem tubuh mereka yang lelah.

Angin sepoi dari dalam gua menjadi pengadem tubuh mereka yang lelah.