Peringati hari ibu, Aisyiyah Pangkep gelar dialog publik

Diposting pada 77 views
Peringati hari ibu, Aisyiyah Pangkep gelar dialog publik

BeritaPangkep – Pimpinan Daerah Aisyiyah Pangkep menggelar Dialog Publik terkait SDGs dalam rangka memperingati Hari Ibu sekaligus merefleksikan setahun perjalanan Aisyiyah Pangkep dalam mencerahkan kaum perempuan di Pangkep, Kamis, 29 Desember 2016 di Aula Gedung Dakwah Aisyiyah Jl Andi Mauraga Pangkajene. 

Adapun narasumber yang menjadi pembicara dalam dialog ini yaitu Kepala Bappeda, Kepala dinkes dan ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulsel.

Ketiga narasumber membahas lebih dalam tentang pengarusutamaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Suistanable Development Goals (SDGs) dalam program pembangunan daerah agar tidak ada satupun warga Pangkep pada tahun 2030 hidup dalam keprihatinan seperti kemiskinan yang masih di tanggulangi hingga saat ini.

Kepala Bappeda Pangkep mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui penyusunan RPJMD yang baru di laksanakan adalah bagian dari susunan program yang berorientasi bagaimana mensejahterakan masyarakat khususnya lagi kepulauan yang selama ini memiliki kesulitan akses dalam menikmati layanan publik.

Sedangkan Kadinkes Pangkep, Indriaty Latief dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih kepada ormas Aisyiyah yang telah membantu Dinkes untuk terus mensosialisasikan pentingnya kesehatan reproduksi yang melalui tes IVA untuk cegah kanker serviks pada kaum ibu. 

“Kedepannya diharapkan tetap bisa saling bergandengan tangan untuk mendorong kaum perempuan agar mau ke PKM untuk memeriksakan diri, karna sejak tahun 2005 hingga saat ini pelayanan kesehatan itu gratis,” kata Indriaty.

Ketua PWA Sulsel sendiri menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Aisyiyah Pangkep dengan menggandeng Bappeda dan Dinkes sangatlah luar biasa. Saling berjejaring agar 17 goals dr SDGs ini dapat di capai lebih cepat sebelum 2030 tentu jauh lebih baik.

Selain itu lanjut Ketua PWA Sulsel bahwa salah satu PR kita yang juga saat ini adalah mencegah kekerasan pada perempuan dan anak, terlebih dengan pencanangan Kabupaten Pangkep sebagai Kabupaten Layak anak ini membutuhkan sinergitas seluruh pihak seperti Aisyiyah yang juga memiliki program GACA gerakan Cinta Anaka dan GISI gerakan infaq sayang ibu yang kesemuanya adalah terobosan untuk memajukan kaum ibu dan anak

Dialog ini diikuti oleh ratusan kader Aisyiyah Pangkep yang aktif di tingkat BSA, ranting, cabang dan daerah serta sejumlah undangan ormas perempuan lainnya. 

Moderator dialog ini adalah Nur Alam Anwar Ketua Majelis Kesehatan Aisyiyah Pangkep