Cepat salurkan bantuan bencana di Ma’rang, DPR RI dan Kemensos puji Bupati Pangkep

Diposting pada 271 views
Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid mengunjungi posko bencana di Kecamatan Ma’rang

BeritaPangkep – Dalam kunjungannya ke lokasi bencana  angin puting beliung di Kecamatan Ma’rang, anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI, Syamsu Niang memuji penanganan tanggap darurat yang diambil Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid.
Langkah bupati yang langsung mengganti seluruh seng rumah warga yang terbang tanpa menunggu bantuan dari pemerintah pusat, kata Syamsu Niang, belum pernah terjadi di daerah lain.”Tidak ada yang seperti ini di Indonesia. Saya kunjungan ke banyak lokasi bencana,  tidak ada pemdanya berhutang untuk membelikan korban bantuan. Semua menunggu bantuan dari jakarta,” kata Syamsu Niang, Senin, 23 Januari 2017.

Senada dengan itu, Direktur perlindungan dan Jaminan Sosial Korban Bencana Kemensos, Adhi Karyono mengatakan, kebijakan yang cepat dan tepat ini, masa tanggap darurat korban tidak berlangsung lama. Bahkan belum seminggu pasca bencana, warga sudah kembali beraktifitas seperti biasa.

“Pak bupati tidak menunggu (bantuan) dari kami tapi langsung mengganti seluruh material, seng rumah yang terbang. Apa yang dilakukan di Pangkep ini akan kami sampaikan ke pemerintah daerah lain yang wilayahnya rawan bencana,” kata Adhi.

Sementara itu,  Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid mengaku bantuan material rumah yang disalurkan merupakan hutang pemerintah daerah. Pemkab Pangkep terpaksa berhutang agar proses bantuan bisa lebih cepat sampai ke tangan korban bencana. “Saya sampaikan ke masyarakat, jangan tanya uangnya dari mana untuk beli seng dan balok yang penting segera dipasang kembali dan aktifitas masyarakat bisa normal seperti biasa,” ujarnya.