Legislator NasDem tolak SPP gratis, Syamsuddin angkat bicara

Diposting pada 173 views
Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid

BeritaPangkep – Menanggapi penolakan program SPP gratis dari anggota DPRD Pangkep, Muhammad Irwan, Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid angkat bicara. 
Syamsuddin meminta program SPP gratis dilihat sebagai semangat pemerintah untuk meningkatkan kualitas manusia di Pangkep. Ia juga mengingatkan bahwa program ini bukan program baru, tapi sudah berjalan. 

“Pak Syahrul (gubernur sulsel) kan sudah programkan dua semester, pemkab pangkep juga dua semester dan tidak melanggar. Program ini bukan hanya sekadar visi tapi semangat, ini niat baik pemkab agar anak-anak kita sekolah setinggi-tingginya,” kata Syamsuddin, Kamis 22 Desember 2016.

“Tahun lalu angka siswa melanjutkan ke perguruan tinggi hanya 11 persen tahun ini naik 33 persen. Kalau tahun depan dianggarkan, kita berharap naik sampai 55 persen,” ujarnya. 

Syamsuddin mengatakan, pemerintah berupaya agar program ini tetap berjalan. Untuk itu, pihaknya sedang mengatur teknis pencairan agar program SPP gratis ini bisa berjalan. 

Sementara itu Plt Kadis Pendidikan Pangkep, Muslimin Yusuf mengatakan pihaknya memperjuangkan program yang masuk sebagai visi misi andalan ini bisa terwujud.

“Saya sudah bicara sama Haji Irwan. Saya kira niatnya bukan menolak tapi ingin agar program ini jalan dan sesuai dengan aturan. Sarannya agar kita konsultasi dengan BPK,” ucapnya. 

Sebelumnya, Irwan menyatakan penolakan program ini karena bertentangan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 tahun 2014 tentanv Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD.