Pembebasan lahan RS Pratama sudah 90 persen

Diposting pada 135 views
Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid

BeritaPangkep – Pembebasan lahan pembangunan rumah sakit Pratama yang berlokasi di Kampung Batiling desa Batara Kecamatan Labakkang telah mencapai 90 persen, sebanyak 17 kepala keluarga menerima pembayaran ganti rugi pembebasan lahan di ruangan kantor Bupati Pangkep, Rabu, 4 Januari 2017.

Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Pangkep Achmar Hizbulwatan mengatakan, lahan masyarakat yang digunakan dibayar dengan harga 150.000 permeter. Total lahan yang akan digunakan nantinya seluas 4 hektare.

“Saat ini sudah 3 hektare lebih lahan yang dibebaskan dan dibayar hari ini, sumber dananya dari APBD 2016, Insya Allah kita akan selesaikan pembebasan sampai 4 hektare sesuai dengan kebutuhan lahan yang akan digunakan RS Pratama,” terangnya.

Sementara itu Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid mengatakan, nilai ganti rugi yang diberikan kepada warga dihargai tinggi, dikarenakan lahan tersebut adalah sawah yang memiliki nilai produksi tinggi.

“Sawahnya produksi hingga tiga kali setahun, jadi kita Pemda memberikan harga tinggi,”ujarnya.

Salah seorang pemilik lahan, Sangkala mengatakan nilai ganti rugi atas tanahnya sudah sangat cocok.”Inikan untuk pembangunan rumah sakit, pasti kita dukung pemerintah,”ujar Sangkala.

Sekadar diketahui, Rumah Sakit Pratama akan diperuntukkan sebagai rumah sakit dengan tipe D, akan memiliki fasilitas tempat tidur sebanyak 50 unit. Selain itu, di rumah sakit tersebut juga akan tersedia layanan medik, farmasi, kebidanan, klinik , dan rawat inap, dengan jumlah dokter siaga sebanyak 7 orang.