BeritaPangkep – Ritual Menre Baruga atau masuk baruga adat masyarakat Kampung Borong Untia berlangsung khidmat. Acara yang dihadiri Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid, Wakil Bupati, Syahban Sammana, Ketua DPRD Pangkep, Andi Ilham Zainuddin dan petinggi kepolisian setempat ditandai dengan penyerahan sertifikat dari PT Semen Tonasa kepada Tetua masyarakat Kampung Borong Untia, AS Simpuang Ago.

Ritual Menre Baruga dilaksanakan seperti membakar kemenyan, mengelilingi baruga dan anggaru (ikrar kesetiaan kepada raja). 
Puang Ago sapaan akrabnya mengatakan baruga ini akan difungsikan sebagai pusat pembelajaran budaya bagi warga, khususnya Borong Untia. Selain untuk kegiatan adat, ia mengatakan baruga ini juga boleh ditempati untuk pertemuan dan majelis taklim.

“Bisa jadi tempat tudang sipulung, pertemuan, majelis taklim, pelatihan kesenian dan budaya,” kata Puang Ago.

“Yang penting itu dari belajar budaya adalah mengetahui kearifan masa lalu dan mengasah kecerdasan spiritual yang sekarang sudah dianggap tidak penting,” lanjutnya.

Ia mengapresiasi kepedulian pemerintah dan PT Semen Tonasa kepada pelestarian budaya. Dengan pelestarian budaya, maka budaya luar yang masuk bisa disaring oleh generasi muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.